Senin, 23 April 2012

Membuat Teks Karaoke Pada Video Clip

HALOO Guys :D
Biasanya kalau kalian lihat video clip , kan ada yang pakai lirik buat karaoke (tulisan berjalan) sama yang enggak tuh ..
Kali ini Saya akan bagi-bagi iilmu nih tentang cara membuat teks karaokedengan menggunakan software 'ADOBE PREMIER' ..
Langsung ajaa deh , yuk capcuss !!

  • Pertama , Buka Progam 'Adobe Premier' nya ..


  • Kedua , Pilih Video yang akan diberi teks karaoke .. Kemudian import ke 'Adobe Premier' .. setelah itu Drag video tersebut ke Timeline ..
    (Klik kanan > import > Pilih video > OK)

  • Ketiga Beri 'Title' dengan Lirik sesuai video tersebut .. Pada kolom yang diberi tanda biru .. caranya , Klik Kanan > New Item > Title > OK

  • Tulis Lirik sesuai lagu pada video klipnya .. Jangan lupa juga atur font Size nya ..
Jika selesai Close Title nya ..

  • Setelah itu , Drag title tersebut pada timeline di video 2 .. dan sesuaikan dengan lagu pada video tersebut ..
  • Jika sudah , Copy Paste Title yang anda buat tadi , dan edit warna title yang sebelumnya jadi putih menjadi warna merah .. ( Font dan Size nya harus sama dengan title yg sebelumnya ) .. ( Warna boleh selain merah , sesuai kreasi anda masing-masing) .. Lalu close window Title nya ..

  • Jika sudah , Drag Title ke-2 tadi di video 3 .. maka gambar di monitor Adobe Premier , tulisan nya akan menjadi warna merah ..

  • Kemudian , di menu Effect .. cari / ketik CROP . lalu drag ke Title di video 3 ( Yg berwarna merah ) hingga warna title di video 3 menjadi gelap dibanding title yg di video 2.. maka muncul menu Effect Crop di Effect Control ..

  • Lalu , pada effect CROP di Effect Control , Klik arah panah menu crop sehingga menjadi kebawah .. kemudian Klik TOMBOL DI SEBELAH RIGHT (Seperti bentuk Stopwatch) .. dan Klik arah panah menu RIGHT pada CROP .. hingga muncul sebuah bentuk Garis memanjang dibawahnya .. Kemudian arahkan Penggerak timeline , di sebelah ujung kiri Title pertama ..

  • Kemudian , di menu effect control CROP (RIGHT).. tarik arah panah yg berada di kiri ke kanan .. sehingga .. garis yang berada di menu timeline effect menjadi naik ke atas ..

  • Kemudian , Klik Tombol "Go to Next edit point (Page Down)" yg terletak di bawah monitor editing .. sebelah kanan tombol step forward (Right) .. Hingga Penggerak timeline di ujung kiri berubah arah menjadi di kanan .. Lalu , Tombol yg tadi digeser ke kanan (Effect Crop Right) , geser kembali ke arah kiri .. hingga Garis di Timeline Video Effect berubah menjadi bentuk Garis miring terbalik .
Selesai deh , jika di play .. Tulisan di video tersebut akan  berubah warna ..
Untuk pengaturan cepat / lambatnya lagu ,, kalian bisa sesuaikan sendiri dengan naik , turunnya garis yg berbentuk garis miring terbalik tersebut ..
SELAMAT MENCOBA :D

#Maaf kalau bahasanya kurang dimengerti :)
kalau masih bingung , bisa tinggalkan komentar , TERIMA KASIH :)


 

3 komentar:

  1. maaf komentar2 sebelumnya terhapus karena kesalahan.. jika mau bertanya silahkan komentar kembali

    BalasHapus

No Sara