Rabu, 10 September 2014

Semua Rahasia tentang Harvest Moon Back To Nature (HMBTN)

Hemm , kali ini saya akan membahas tentang game ps 1 yang sudah cukup terkenal nih.. postingan kali ini bukan Copas (Copy Paste) dari sumber lain, postingan ini sesuai dengan apa yang saya alami selama memainkan game HMBTN tersebut.. karena yang sering saya baca dari sumber – sumber yang ada, banyak postingan yang sama, sehingga saya sulit untuk mencari informasi yang saya butuhkan -_-
langsung singkat cerita saja ya, agar tidak bosan membacanya hehe





Ø  PERKENALAN GAME
Game ini recommend banget deh buat para gamers. Yang belum coba memainkan game ini kayaknya rugi banget deh, karena game ini memiliki banyak teka – teki dan cerita yang menyimpan banyak misteri.
Game ini merupakan game petualangan seorang petani, yang dimana tokoh karakter yang kita mainkan nanti dapat membangun / mengupgrade kandang-kandang hewan, membangun rumah menjadi lebih besar, membuat rumah kaca (Hothouse), memikat hati wanita-wanita yang ada di desa dan akhirnya dipilih salah satu untuk dijadikan seorang istri dan dapat mempunyai anak, berinteraksi sosial dengan masyarakat, mengikuti event – event yang ada di desa, mengikuti lomba – lomba serta mendapatkah hadiahnya jika menang, dsb.
Kalau mau tau lebih banyak lagi, coba aja memainkan game ini, gak nyesel deh..

Ø  SAAT PERTAMA MEMAINKAN GAME
Saat pertama memainkan game ini, kalian pasti disuguhkan dengan cerita awal yang dimana masa kecil kita saat bermain di perkebunan dengan sangat panjangnya -_- *menurutku itu membosankan* dan juga kita mempunyai teman wanita yang episode pengenalannya terakhir kita bernyanyi bersama di puncak gunung *So Sweet*
          Kemudian kalian akan berada dirumah,  dan jika keluar dari rumah kalian pasti menemukan wali kota *menurutku kayak profesor di sebuah merek* yang akan menawarkan untuk berkeliling desa. Jika kalian baru pertama kali memainkan game ini, lebih baik untuk ikut walikota berkeliling dan berkenalan dengan tempat – tempat yang ada. Tetapi jika kalian sudah pernah memainkan game ini lebih baik di skip saja, karena menurutku itu membosankan hehe
          Dan saat pertama memainkan game ini, kalian pasti mendapatkan banyak kejadian yang terjadi, kejadian yang saya dapat selama memainkan game ini yaitu *mengingat, maaf jika ada yang kelewatan*

1.  Kejadian yang di supermarket
Dimana dalam kejadian ini, ada tokoh Duke dan dokter yang berniat berhutang. Jika kalian ditanya, coba saja jawab untuk “membayar” yang dibeli oleh tokoh duke tersebut. Tenang saja uang kalian tidak akan berkurang kok, menurutku itu akan menambah perkenalan kalian terhadap Karen, salah satu cewek yang bisa kalian nikahi disana.
2.  Kejadian di Klinik
Saat kalian memasuki klinik, kalian pasti disambut oleh Elli dan dia akan mengajukan pertanyaan tentang luka. Jawablah kalau itu “Terasa sakit”, walaupun dia merespon agak gimana gitu tapi biarkan saja dan kalian akan mendapatkan sebuah plester dari Elli, kemudian coba lewat didepan rumahnya dan kalian akan menemukan Stu yang sedang menangis karena terjatuh, coba berikan plester yang diberikan Elli kepada Stu, maka Elli akan muncul dan menanyakan Plester itu, kalau saya sih jawab dengan “Karena ku dapat dari kamu”, dan lihat saja selanjutnya.
3.  Kejadian di Perpustakaan
Saat memasuki perpustakaan, pasti akan disambut oleh Mary dan menanyakan pertanyaan juga. Jawab saja sesuai keinginan, karena saya luoa pertanyaan dan daftar jawabannya hehe. Seingat saya, waktu itu saya menjawab bahwa membaca ingin membaca buku.
4.  Kejadian di Bar
Saat memasuki bar, Doug akan memanggilmu dan bertanya tentang anaknya Ann, ada 2 pilihan jawaban disana, yaitu “Dia terlihat riang” dan “Dia Lucu”. Waktu itu saya memilih dia lucu, dan jawaban dari doug juga cukup memuaskan buat awal perkenalan kami.
5.  Kejadian di Poultry Farm
Saat melewati tempat penjualan hewan ternak ayam, kalian akan melihat popuri yang sedang bertengkar dengan kakaknya Rick dan saat kalian berbicara dengan rick, maka rick akan menjawab kalau popuri ada didekat air terjun, cobalah kesana maka kalian akan bertemu popuri dan dia akan bercerita. Saat itu saya menjawab “saya simpati”.

Nah itu tadi kejadian awal saat memainkan game HMBTN, terserah sih kalian mau jawab yang gimana, selera orang juga berbeda – beda dan pasti akan mendapatkan reaksi yang berbeda – beda juga dari jawaban yang kalian pilih.
Ø  SAAT MEMAINKAN  GAME
Saat memainkan game ini saya sudah mendapatkan kejadian dan pengalaman yang cukup banyak yaa, seperti :
  • Mary datang ke kebun dan meminjamkan buku miliknya. Setelah membacanya coba kembalikan ke perpustakaan dan jawablah “Si penebang pohon”, maka Mary akan menyukainya.
  • Saat memasuki perpustakaan, Mary akan bertanya akankah kamu ingin membaca buku, jawablah iya. Karena ia akan menyukainya, tetapi jika kamu jawab tidak dia akan sebal padamu.
  • Popuri memberikan telur ayam, menurut saya ini akan lebih hemat untuk pengeluaran, karena kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli seekor ayam. Jika berteman baik dengan popuri, maka ia akan datang ke kebun dan memberikan telur ayam dan kemudian tetaskan telur ayam tersebut di inkubator di dalam kandang ayam, setelah beberapa hari setelah menetas, popuri akan mengunjungimu lagi dan menanyakan tentang anak ayam tersebut.
  • Popuri bertengkar lagi dengan Rick, saat itu saya menjawab dengan membenarkan omongannya, kalau gak salah ingin pergi dari desa tersebut. Dan jawabannya dia bercanda dan tidak benar-benar melakukannya. Jika jawab jawaban lain, seingat saya popuri akan kesal.
  • Laki-laki di desa berantem dengan Kai, saat kalian memasuki bar waktu malam, maka akan menemukan mereka sedang bertengkar, seingat saya, saya menjawab kalau semuanya salah.
  • Kai membeli jagung di perkebunan. Saat summer dan kalian menanam jagung, waktu jagung tersebut panen, Kai akan ke kebunmu waktu pagi dan berniat membeli jagung, ambillah 1 di kebun dan berikan padanya, waktu itu saya menjual dengan harga yang sangat murah, agar dapat berteman baik dengan Kai, seingat saya kalau menjual dengan harga sangat tinggi, ia tidak akan jadi membeli jagungnya.
  • May hilang. Saat Barley (Penjual Sapi dan domba) kerumahmu dan meminta tolong untuk mencari may, cobalah lewat di depan rumah Gotz (Penebang Pohon), maka kalian akan menemukan walikota, polisi, dan *lupa* sedang membicarakan tentang kehilangan May, dan polisi berbicara bahwa dia takut jika May berada di Gunung, lebih baik kalian tidak kesana karena kalian tidak akan menemukannya, bekerjalah sesuai kegiatan kalian sehari-hari, setelah selesai pada jam 6 pm pergilah ke pantai dan kalian akan menemukan May disana, dan dia akan sedikit bercerita kepadamu.
  • Ann dan Cliff di gereja. Kejadian ini Ann mengajak cliff pulang bersama tetapi Cliff tidak mau.
  • Cliff pingsan saat winter di lapangan. Saat menemukan fotonya coba kembalikan padanya di klinik, maka ia akan menceritakan kisahnya.
  • Karen dan Rick berjalan ke hutan di belakang gereja. Disini kita gak bisa mengikuti mereka -_- *Saya masih penasaran, Karen dan Rick aja bisa lewat kenapa saya tidak?* hehe

11.   Gray di rumah untuk menawarkan meningkatkan alat
12.   Gray di kebun dan menawarkan palu buatannya.
13.   Setelah kejadian no 11, kalian akan menemukan kejadian Mary dan Gray di lapangan.
14.   Elli dan Dokter di klinik (ada beberapa jenis kejadian yang berbeda-beda)
15.   Elli dan Dokter di pantai
16.   Elli membuatkan kue pai dan mengantarnya di kebun saat kita berada disana (tengah hari)
17.   Karen yang bertanya saat kita berada di air terjun dekat kolam air panas. Waktu itu dia bertanya tentang apa yang saya pikirkan dan saya menjawab tentang “Cinta”
18.   Karen keluar dari supermarket karena orang tuanya yang bertengkar
19.   Ke Puncak gunung jam 6 pm saat hari lihat bulan, dan kalian akan menemukan wanita yang paling besar tingkat warna hatinya disana.
20.   Rick yang menitipkan 5 ayamnya
21.   Rick yang sedang mencari popuri, jika anda memberitahu popuri maka popuri akan tetap ada, jika anda tidak memberitahunya, katanya sih bakal pergi dan gak keliatan lagi.
22.   Ann yang meminta untuk mengirimkan 3 telur selama beberapa hari
23.   Walikota yang meminta tolong untuk mengantarkan kue pai dari Bar untuk Ellen (nenek Elli) , ketika kalian ke bar dan berbicara dengan doug , maka kalian akan diberikan kue pai dan kemudian berikan kue pai tersebut kepada ellen , selanjutnya ellen akan memberikan upah , disitu terdapat 2 pilihan , diterima atau tidak . jika kalian tidak menerimanya , maka akan ada elli yang datang dan membawakan kue pai untukmu. Keesokan harinya walikota akan datang ke kebunmu untuk mengucapkan terima kasih dan memberikan makanan yang dibelinya dari penginapan.
24.   May ke kebun dan menawarkan untuk memerah susu sapi, kemudian Barley datang
25.   Haris si polisi yang datang ke kebun saat malam hari dan curhat bahwa ia menyukai Joanna anak Manna dan Duke, setelah itu coba beritahukan ke Manna, maka Haris akan senang karena mendapat surat dari Joana
26.   Doug yang bercerita tentang istrinya di puncak gunung
27.   Walikota memesan 3 lobak untuk festival memasak , dalam kejadian ini ingatlah tanggal yang diminta oleh walikota , jangan taruh lobak ditangan , taruh saja semua lobak di tas , maka dia akan menanyakan kau membawanya atau tidak.
28.   Melihat kurcaci membawa lampu saat di depan gereja dan kemudian muncul pastur , untuk kejadian ini saya lupa tepatnya kapan , dan ini terjadi saat malam hari. *lampunya melayang*
29.   Anak kita sakit , disini saat kita telah menikah , waktu itu nikahnya sama popuri , terus dibangunkan sama istri dan bilang kalau anak kita demam , disini akan ada 2 pilihan , dibawa ke clinic atau dibiarkan saja.
30.   Saat keluar rumah , istri (popuri) menemukan burung yang tidak bisa terbang. Disitu kita akan disuruh mengobatinya dan membuat burung itu terbang kembali.
31.   Melihat bunga kebahagiaan , saat berbicara dengan ellen dan ia menceritakan tentang bunga kebahagiaan , pada malam harinya jam 6 pm di puncak gunung , kalian akan melihat bunga tersebut . keesokan harinya cobalah berbicara dengan ellen dan ayah marry.
32.   Dewi Godness di air terjun bertanya apakah kita mempunyai kekasih atau tidak (saat belum menikah) , saat menjawab iya akan ada muncul perempuan yang warna hatinya lebih tinggi, disitu ia akan berbicara kalau akan mandi di kolam air panas , masuk lah ke kolam air panas kemudian keluarlah , lihat saja apa yang terjadi hehe
33.   Dewi Godness memberikan lumber (kayu) , dan disitu Gotz akan membeli kayu kalian. (kejadian no 31-33 terjadi apabila kalian memberikan telur kepada dewi Godness dan melemparkan di air terjun- posisi harus pas-dewi Godness tidak muncul saat cuaca buruk dan terdapat event di desa)
34.   Mendapatkan resep kecap di Goa 2 (saat winter)
35.   Anjing kita dikawinkan dengan Hana (anjing dari yodel ranch) , dan saat anak anjing tersebut lahir , kita tidak dapat memilikinya , maka akan ada 2 pilihan untuk memberikan anjing tersebut , Stu atau si polisi ? itu terserah kalian.
36.   Dll

·         Saya pernah baca kalau ada kejadian dimana may ingin menikah dengan kita , disitu juga ada beberapa pilihan jawaban . tapi yang ini saya belum pernah emngalaminya . dari informasi yang saya baca , kejadian ini akan muncul di depan gereja 29 spring saat kalian telah berteman baik dengan may dan stu.

v  CARA MENDAPATKAN POWER BERRY DAN MYSTIC BERRY – saya akan memberitahukan dimana saja power berry yang pernah saya dapat.

  • Jika kalian melemparkan timun 3x ke danau di depan gua ke 2 (gunung) , maka tiap lemparan kalian akan muncul kappa yang biasa dikatakan oleh si kurcaci merah . dan lemparan ke 3 kalian akan diberikan mystic berry oleh si kappa.
  • Dewi Godness di air terjun memberikan sebuah power berry apabila kalian telah sering melemparkan sesuatu (telur) di posisi yag pas (air terjun)
  • Memenangkan lomba renang
  • Di goa 1
  • Di goa 2
  • Menukarkan poin saat lomba balap kuda
  • Membelinya di acara TV dan menelponnya di bar saat itu juga , maka saat hari selasa kirimanmu akan datang (3hari)
  • Di pohon cedar (Di taman bunga, menuju puncak gunung) . bawalah kapak dan cobalah tebang kayu tersebut , maka kalian akan ditanya akan melanjutkan menebang atau tidak , pilihlah jangan menebang dan kalian akan mendapatkan power berry.
  •  Menanam bunga sebanyak-banyaknya (waktu itu saya tanam 200 bunga) dan kemudian beberapa hari kemudian setelah mekar ,  ibu Marry si penjaga perpustakaan (lupa namanya) akan datang ke kebun dan meminta ijin untuk mengambil bunga sebanyak yang ia mau , maka kalian nanti akan diberikan power berry olehnya.
  • Memancing di laut.

oia , kalau kalian ingin melihat yang cewek menikah dengan pasangannya , selain kalian berteman akrab , kamu juga harus sering melihat setiap event mereka :)

pokoknya masih banyak lagi deh , mau tanya-tanya ? bisa tinggalkan komentar :)
yuk berbagi pengalaman selama bermain game HMBTN ini , jadi kita bisa lebih tau juga , mana yang ternyata hoax tetapi kejadian beneran :D

136 komentar:

  1. aku pernah melihat
    karakter saya meninggal
    waktu itu karakter nya sakit dan dibawa ke klinik
    dokter bilang untuk beristirahat dan tidak melakikan pekerjaan
    ketika isti nya gk ada di rumah
    dia keluar dan pingsan di bawa lagi ke klinik
    namun nyawanya sudah tidak terselamatkan
    terus habis karakter nya ninggal selanjut nya apa????


    BalasHapus
    Balasan
    1. wah klo karakter yg meninggal, saya belum pernah mengalaminya..
      soalnya biasanya klo pingsan dan dibawa ke klinik, keesokan harinya udah pulih seperti biasanya

      Hapus
    2. Udah gak bisa dimaiinin lagi

      Hapus
    3. sebelumnya karakternya habis ngapain aja kok bisa sampai meninggal ? soalnya secapek2nya karakter saya pas kerja, gak pernah sampai meninggal..

      Hapus
    4. Di cangkul kepalanya mungkin...wkwkwk

      Hapus
    5. Di celurit keplanya mungkin mkanya meninggal dengan tragis..wkwkwkwk

      Hapus
    6. itu hoaxx kocakk

      loe liat di youtube kn??
      dan iatri nya karen??

      Hapus
  2. boleh gak minta game nya lewat pc

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kok emulator buat ps 1 .. coba aja di searching

      Hapus
    2. Pake emulator PPSSPP bisa juga

      Hapus
  3. kalo ikan yg ditaro di kolam sendiri bisa gk dipanen ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, kalau rajin kasih makan ikannya.. jumlah ikan akan terus bertambah dan itu bisa dipanen

      Hapus
  4. gimana cara cliff bisa kembali dan nikah sama ann Soal nya si cliff udah pergi tuh dari mineral town


    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih dia kerjaan metik anggur di rumah duke.

      Hapus
    2. Kamu harus ulang permainan dari awal karna cliff udah gabakal balik lagi ke desa. Kalo cara biar cliff nikah sm ann, di musim fall tahun pertama ketika kamu diminta panen anggur di aja winery, kamu bisa pilih sibuk dan saat itu akan dimintai tolong oleh duke untuk dicarikan orang agar bekerja di kebun anggurnya. Saat itu jaga temui cliff buat kerja. Katanya si hasilnya buat bayar penginapan karna kalau kamu cermati, sebelum diajak kerja di aja winery, ketika kamu ajak cliff bicara, dia selalu bilang akan tinggal di inn selama dia masih punya uang. Kalo cliff udah kerja di aja winery, ditahun kedua bakal nemu event ann & cliff sampai akhirnya mereka nikah di tahun ke 3

      Hapus
    3. kalau udah pergi tdk bisa..
      kalau mau tdk pergi harus dicegah sebelumnya, caranya pas musim fall, wktu Duke minta tolong untuk panen anggur, ajak cliff juga supaya cliff bisa dapat kerja dan gak pergi dari mineral town

      Hapus
  5. Perempuan masa kecil nya siapa sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama saya main sih, perempuan masa kecil kita sih istri kita sendiri.. terserah mau nikah sama siapa aja.. nanti ada event di akhir taun ke 3 bakal flashback pas di gunung

      Hapus
  6. Siapa nama peremoian masa kecilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. istri kita sendiri.. mau nikah sama siapapun terserah.. nanti di akhir taun ke 3 bakal ada event flashback di gunung sama istri kita sendiri

      Hapus
  7. Aku pernah dengar katanya kita bisa dapat toychick , itu gimana ya ?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih dpet dre cheat.. tp saya gak pernah dapet.. kayaknya sih cuma hoax klo maen tanpa cheat (asli)

      Hapus
    2. Katanya ada caranya Gan, saya sempet denger cara dapet toychick beneran ada tanpa cheat tapi saya lupa, tapi bukan itu saja alat untuk menunggangi kuda dan melatih kurcaci juga ada. Kalo mau tau caranya invite pin bbmku 5D6D87A9

      Hapus
    3. Katanya ada caranya Gan, saya sempet denger cara dapet toychick beneran ada tanpa cheat tapi saya lupa, tapi bukan itu saja alat untuk menunggangi kuda dan melatih kurcaci juga ada. Kalo mau tau caranya invite pin bbmku 5D6D87A9

      Hapus
  8. Tapi knapa ikan saya tidak tumbuh banyak ? Pdahal setiap hari sudah di kasih makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak langsung banyak, bertahap.. cukup 1x tiap hari

      Hapus
  9. Knapa ikan saya tidak bertambah jumlahnya padahal tiap hari di kasih makan , mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu aja gan, emang nambahnya beberapa hari sekali.. itu pun harus dikasih makan tiap hari

      Hapus
  10. gan berner iya kita bisa nikah 2 kalin pakah bener kita bisa puyak anak cewek

    BalasHapus
    Balasan
    1. gabisa deh.. nikahnya cuma sekali aja dan anaknya udah pasti cowo gabisa cewe.. klo harvest moon di ps 2 ada yg punya anak cewe.. klo di HMBTN ini gabisa

      Hapus
  11. kalo kita nebang pohon bisa gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma 1 pohon yang bisa ditebang pake kapak.. dan itu nantinya yg event berry..
      klo mau nebang, ya potongan pohon yg kaya di kebun dan di sekitar rumahnya gotz

      Hapus
  12. kapan tamat nya game in?
    apa bakalan tamat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gatau ya, soalnya saya sendiri smpe taun 8 gak tamat2.. padahal pernah menang semua lomba dan ikan legenda udah full

      Hapus
    2. tamat nya itu pas tahun ke tiga
      tergantung presentasi kebun mu
      tau kan lambang persen % yang pas pencet tombol start
      kalau di bawah 50% biasa nya di usir
      tapi 50%+ biasa nya lolos dari uji 3tahun

      Hapus
    3. Gaada tamatnya gan. Cuma ada 2 ending ditahun ke 3 winter 30. awal tahun ke 4 nanti bakal ada event walikota dateng ke kebunmu, intinya kalo persentase kebun dibawah 60% akan diusir dari desa dan otomatis muncul credit dan nantinya kalian akan ke menu utama lagi. Kalo diatas 60%, eventnya yg di lapangan, warga desa memberi ucapan selamat. Dan kamu bisa lanjutin sampai tahun ke berapapun tp gak ada tamatnya

      Hapus
  13. Cara agar ada lebah madu dipohon sebelah kolam ikan.. gimana ya gan ane lupa dah lama ga main

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanam bunga.. belinya di won atau pas dapet event dikasih bibit bunga sama karen.. tanam bibitnya trus pas udah mekar nanti ada sarangnya di pohon

      Hapus
  14. Cara agar ada lebah madu dipohon sebelah kolam ikan.. gimana ya gan ane lupa dah lama ga main

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanam bunga.. bibitny bisa beli di won atau event yg dapet dri karen

      Hapus
  15. Sya mau bagi cerita nih.. Waktu musim salju tepat.a jam 6pm. Sya ke gunung .. Nah disitu sya lihat bunga warna putih.. Dan stelah itu tiba2 sya ada dirumah seperti biasa jam6am . Yg mau sya tanyain itu bunga apa ya gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya bunga kebahagiaan.. bunga yg cuma tumbuh di musim winter.. tp gabisa diambil cuma bisa diliat.. klo udah dpet event itu langsung ngomong ke ellen (neneknya elli) sama ke basil (ayahnya marry)

      Hapus
  16. thanks ya infonya. para gamers hm btn udah pada tahun ke berapa nih?

    BalasHapus
  17. Ralat anaknya duke itu (aja) terus joanna itu anaknya barley terus bunganya cukup 90 bunga

    BalasHapus
  18. Saya pernah mengalami karakter meninggal saat kita sudah mempunyai bayi dan mempunyai istri karen. pada saat itu karen pergi kerumah ortunya tetapi saya malah keluar sedangkan syarat dokter saya harus istirahat semenjak itu saya ingin memancing saat saya berlari saya terasa sitas yang sibawa berat sekali. tiba tiba aku ngantuk dan tidur di sana lalu polisi datang menemukanku tergeletak di dekat aliran sungai di kebun kita. lalu membawa saya ke klinik dokter pun memeriksa saya ternyata nyawa saya hilang.dokter pun bingung untuk bilang apa ke karen bahwa saya/karakter tokoh sudah tiada.karen pun tidak percaya dengan kata kata dokter. karen pun melihat keadaan suaminya yang sudah tiada ia pun pingsan.lalu acara penguburannya diberlangsungkan 2hari setelah kematian karakter.karen tidak ikut mengubur karakter karena ia pingsan saat melihat mayat tersebut.karen pun menyesal pada saat saya sakit ia tdk peduli dgn saya.akhirnya anak karen pun sudah besar ia melanjutkan perkebunan ayahnya.saat ia bertemu kurcaci ia di beri tahu jalan bertemu naga ia diberi satu anak naga dan peliharalah anak naga itu.ia mendapat 3 pesan emtah dri mna yaitu 3 cakar naga,dll. ia bertemu orang seperti detektif dan menukar 3 benda itu dan mendapatkan 3 tiket. salah satunya ia diantar kurcaci tdi.lalu tiket selanjutnya ia berikan ke pastor dan ia di ceritakan walikota ke12 dan ada lubang yang menyuruh kita turun kesqna kita langsung bertemu grim reaper dan memberi kita 1 batu kehidupan. kita bisa menghidupkan salah satu dri Ayah,walikota ke12,dan kakek.saat itu saya memilih ayah dan ia bangun dan berkata aku pusing sekali lalu ia senang ayah nya dapat hidup kembali.dan orang mineral town kaget.
    lalu kita vertemu zack yang rumahnya di pantai ia akan membawa kita kesuatu pulau dan bertemu hiu jadi jadian dan membrkn kita tas yang berisi 17 dan sebuah peta ke kota.lalu aku pulang bersama zack dan cepat tdr kerumah.keeaokannya saya sudah tdk memakai anaknya karen tetapi suaminya dan saya bertemu zack dan membawa saya ke kota lalu setelah sampai kota kita bisa menginap di hotel dan jga bsa kembali ke mineral town.
    itu yang saya alami saat bermain harvest moon bac to nature.

    BalasHapus
  19. Gak kesukaan ane ni. Main di laptop

    BalasHapus
  20. yang cara mendapatkan power berry sama mystic berry ane baru tau xD thanks sangat membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke masama . ditunggu pengalaman langkanya :D

      Hapus
    2. Ka bagaimana cara mendapatkan mystic berry?

      Hapus
    3. Ka bagaimna cara mendaptkan mystic berry?

      Hapus
  21. kk gimana sih caranya naikin sapi aku liat di you tube bisa kk

    BalasHapus
  22. kk cara naikin sapi gimana sih ? aku liat di you tube bisa tapi waktu aku coba kok ngga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih klo pake cheat bisa.. tapi selama aku maen tanpa cheat gapernah bisa klo naik sapi

      Hapus
  23. Emang knpa klo kita masuk di kolam renang sana?? Apa cwe idaman mandi bersama kita?

    BalasHapus
  24. Kok saya gak dapat2 ikan?? Malahan adanya sampah-_-, gimana caranaya bjar dapet ikan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuncinya sabar hehe
      coba mancing di laut.. kemungkinan besar dapet tpi lama

      Hapus
  25. Kok saya gak dapat2 ikan?? Malahan adanya sampah-_-, gimana caranaya bjar dapet ikan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuncinya sabar..
      coba pancingnya di laut atau sungai deket kebun kita

      Hapus
    2. mancing nya di laut,,lebih mudah dapatin ikan nya stelah jam 6 mlam..

      Hapus
    3. Gan gimana cara dapet pancingannya?

      Hapus
    4. dikasih nenek2 di laut dekat rumahnya zack wkwk

      Hapus
  26. Lu itu mah nonton di youtube kali gan -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya udah naen 10 th dan endingnya itu ko kita mati yah ?? Tolong kasih penjelasannya

      Hapus
    2. Katanya bisa pergi ke kota selain mineral town itu gimana caranya

      Hapus
    3. Katanya bisa pergi ke kota selain mineral town itu gimana caranya

      Hapus
  27. Pasangan yg paling romantis siapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua romantis dengan caranya masing2 wkwkwk

      Hapus
  28. Paling enak kawin sama siapa?

    BalasHapus
  29. gan, masuk rumah zack itu caranya gimana dpadahal saya udh dapetin semua ikan legendaris ditahun ke 3 dan udh bertemen ama zack? tolong infonya dong gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sendiri blm pernah masuk rumah zack , dan kayaknya gak bisa..
      kalau yg ngaku2 bisa, saya sih gak percaya sblm ada bukti SS atau foto real nya

      Hapus
  30. gan, cara masuk rumahnya zack gimana gan? padahal saya udh dapet semua ikan legendaris ditahun ke 3 dan udah berteman akrab ama zack

    BalasHapus
  31. Siapa pernah masuk rumah zack? Ato tdk kai
    Aku sdh pernah no mod madi bersih di ps1😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang gmn caranya ? ngarang ih .. yakin HM BTN ?

      Hapus
  32. Hadehh ane kecepatan nikah, kagak dapat coklat dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua walaupun kagak nikah ttep dapet kue coklat dahh padah lagi badai juga :D 😁

      Hapus
  33. Apa benar di game harvest moon ini bisa pindah ke kota lain selain kota yg sekarang di tinggalin?

    BalasHapus
  34. ikan legendaris hanya dapat di tangkap 1x kah? , ato ada yg pernah tangkap lbh dr sekali?

    BalasHapus
  35. apakah ikan legendaris dapat di tangkap lebih dari 1x?
    atau ada yg pernah tangkap 2x?

    BalasHapus
  36. pake slus aja gan disitu bisa salet item rahasia mau fun blue feather 8 biji cheat ngulik sendiri kalo ga searching

    BalasHapus
  37. pake slus aja gan disitu bisa salet item rahasia mau fun blue feather 8 biji cheat ngulik sendiri kalo ga searching

    BalasHapus
  38. pengen pergi ke kota selain mineral town tu gimana si?

    BalasHapus
  39. pengen pergi ke kota selain mineral town tu gimana si?

    BalasHapus
  40. Mau nanya nihh..
    Aku main HM dilaptop setelah disave dan laptop.y dimatiin trus mau main lagi yg udah disave itu gak ada/game kembali lg ke hr terakhir main ( hr terakhir gak kesave ) batuannya dong.. gimana caranya bisa disave lg ?

    BalasHapus
  41. Gimana cara.y game HM dilaptop bisa disave lg ? Aku main game.y dilaptop tp udh gak bisa kesave

    BalasHapus
  42. katanya bisa ke kota lain pake jalur pintu rahasia deket kompor yang ada di rumahnya mary tapi oe kagak bisa buka tu pintu
    katanyama harus akrab ama basil terus setiap hari ngasih bunga ke basil tapi apa bener tu
    vlis jawab

    BalasHapus
  43. katanya bisa ke kota lain pake jalur pintu rahasia deket kompor yang ada di rumahnya mary tapi oe kagak bisa buka tu pintu
    katanyama harus akrab ama basil terus setiap hari ngasih bunga ke basil tapi apa bener tu
    vlis jawab

    BalasHapus
  44. Ane mau nanya nih, kalo udah nikah, bisa gak dapetin cokelat ?

    BalasHapus
  45. Apa harus terus memberi hadiah kepada semua penduduk walaupun sudah berteman baik ?????

    BalasHapus
  46. Apakah harus terus memberi hadiah kepada semua penduduk desa walaupun sudah berteman akrab sekalii ??????

    BalasHapus
  47. Apakah harus memberi terus hadiah kepada semua penduduk walaupun sudah berteman ????????

    BalasHapus
  48. Apakah harus terus memberi hadiah kepada semua penduduk walaupun sudah berteman ??????

    BalasHapus
  49. Mau nanya gimana caranya masuk rumah zack?

    BalasHapus
  50. Artyka dewi bisaga chat personal..!! So banyak yg mau sya tanyain nihh masalah harvestt moon btn.

    BalasHapus
  51. Gan sekedar info gue udah dapat naga, kake yg hidup kembali, dan tas yg lebih besar lagi serta peta menuju kota lain. Bukan hoax loww kenyataan, tapi syangnya pc gue terinstal jadi mengulang lagi deh dari 0. Ni no wa gue kalo mau sharing2 dan berbagi pengalaman di harvesst moon btn (085211453536) pin ( D35818DD ) kalo bisa yg punya bloog add saya , so supaya buat group sosmed masalah hatvest moon. To (Artyka dewi )

    BalasHapus
  52. kenapa kalau kita menebang pohon cedar dua kali kita langsung ada di rumah sakit?

    BalasHapus
  53. kenapa kalau kita menebang pohon cedar dua kali kita langsung ada di rumah sakit

    BalasHapus
  54. kenapa kalau kita menebang pohon cedar dua kali kita langsung di rumah sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya emang gitu , kan sblmnya udh dikasih berry , masa mau dikhianati.. ya marah dong pohonnya wkwkwk

      Hapus
  55. Gimana cara mendapat logam (lupa nama nya) untuk membuat kalung, kpd saibara..

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tambang atas pas musim winter saja .. orichalum untuk buat perhiasan

      Hapus
  56. Gan mau nanya dl waktu masih sd sy pernah buka hmbtn sepupu rumah kurcaci pindah ke kebun, trus kolam ikan ada isinya ikan warnah merah, gmn caranya

    BalasHapus
  57. Gan mau nanya dl waktu masih sd sy pernah buka hmbtn sepupu rumah kurcaci pindah ke kebun, trus kolam ikan ada isinya ikan warnah merah, gmn caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan HMBTN mungkin.. mana ada rumah kurcaci di kebun

      Hapus
  58. Jika saat Kai ingin membawa pergi Popuri kekota kita memberitahukannya pada Rick apa yang terjadi?
    Apakah Popuri & Kai tidak akan menikah?

    BalasHapus
  59. Jika saat Kai ingin membawa pergi Popuri kekota kita memberitahukannya pada Rick apa yang terjadi?
    Apakah Popuri & Kai tidak akan menikah?

    BalasHapus
  60. terimakasih atas infonya jangan lupa kunjungi blog saya ; https://posthigher.home.blog/ dan jangan lupa cek website kampus saya ; ppns.ac.id

    BalasHapus
  61. Ka saya mau nanya nih bagaimana cara mendaptkan mystic berry?saya cuma dapet power berry 5 blm pernah dpt mystic berry . Saya sudah tahun ke 3

    BalasHapus
  62. Ka saya mau nanya nih bagaimana cara mendaptkan mystic berry?saya cuma dapet power berry 5 blm pernah dpt mystic berry . Saya sudah tahun ke 3

    BalasHapus
  63. Bisa nggak pergi kekota selain mineral town saat gua search katanya ada 2 kota itu hoax atau bener?

    BalasHapus
  64. blm pernah coba sih kalau ngasih semua berturut2 selama 3th

    BalasHapus
  65. Bang saya klik tidak punya kekasih saat peri muncul... Setelah saya coba lagi buang2 hasil panen tp tidak tanya lagi.. Gmna ya bang

    BalasHapus

No Sara